
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah kegiatan mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data untuk menentukan tingkat keberhasilan jenis tindakan yang dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Beberapa jenis tindakan yang dimaksud antara lain : strategi, pendekatan, model, metode, teknik dan cara-cara yang dipilih dan digunakan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
PTK diawali dari adanya masalah yang dirasakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolahnya, masalah tersebut kemudian dianalisis dan direfleksi untuk dicaritahu faktor-faktor penyebabnya. kemudian dilakukan masalah tersebut dirumuskan dan dicari strategi atau metode untuk memecahkan masalah tersebut.
(sekian dulu kata pembukaannya, Oke lanjuuuutt...!)
Pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan tentang kriteria Penilaian Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), agar para pembaca sekalian yang memang lagi berjuang dalam menyusun laporan PTK memperoleh informasi tentang kriteria penilaian laporan PTK ini sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal, amin....
Berikut ini adalah kriteria penilaian PTK dimaksud :
NO
|
KRITERIA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
1
|
Abstrak
|
Terlihat jelas unsur pokok berikut :
- Latar belakang, tujuan
- Prosedur
- Hasil
|
2
|
Pendahuluan
|
Terlihat unsur-unsur berikut :
- Latar belakang yang memuat deskripsi masalah, data awal yang menunjukkan akar terjadinya masalah, deskripsi lokasi dan waktu, serta pentingnya masalah yang dipecahkan.
- Rumusan masalah
- Tujuan
- Manfaat
|
3
|
Kajian Teori/ Pustaka
|
- Ada teori-teori terkait yang memberi arah/ petunjuk pada pelaksanaan PTK.
- Ada usaha-usaha penulis membangun argumen teoritis bahwa tindakan tertentu dimungkinkan bisa meningkatkan mutu pembelajaran.
|
4
|
Pelaksanaan Penelitian
|
- Deskripsi tahapan siklus penelitian
- Penggunaan Instrumen, usaha validasi hipotesis tindakan dan cara refleksi.
- Tindakan yang dilakukan bersifat :
- Rasional, berbasis pada akar penyebab masalah
- Dapat dilaksanakan, tindakan didukung oleh faktor waktu, biaya, sarana dan prasarana.
- Adanya kerjasama dalam bentuk kolaborasi dengan guru lain.
- Jumlah siklus lebih dari satu
|
5
|
Hasil Penelitian
|
Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap.
Siklus I
- Perencanaan : diuraikan tindakan khas yang dilakukan terlihat bedanya dengan pembelajaran biasa.
- Pelaksanaan : diuraikan pelaksanaan tindakan
- Pengamatan : disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. hasil autentik disajikan.
- Refleksi : berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan, kelemahan, dan rencana berikutnya. Mengapa berhasil atau tidak, apa yang perlu dilakukan berikutnya.
Siklus II dan III
|
6
|
Kesimpulan dan rekomendasi
|
- Hasil
Penelitian sesuai dengan tujuan
- Ada
saran untuk penelitian, tujuan, selanjutnya (potret kemajuan)
- Ada saran untuk penetapan hasil
|
7
|
Daftar Pustaka
|
- Penulisan
daftar pustaka sesuai aturan dan konsisten.
- Kelengkapan Lampiran
|
Sumber : Suhardjono, (2006:89-90)
demikian dulu postingan saya kali ini semoga
bermanfaat untuk pembaca sekalian...
terima kasih..
Belum ada tanggapan untuk "Penilaian Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"
Posting Komentar